Laman

Selasa, 04 Maret 2014

Segar saat bangun tidur dan tidak terasa capek



Bangun Pagi Masih Capek?
Mungkin ini sebabnya!

Aktivitas tidur bisa  bisa disebut sebagai aktivitas penyembuh. Saat tidur, tubuh mulai memperbaiki sel-sel yang rusak dan mengisi ulang tubuh sayangnya, beberapa orang masih  merasa lelah di pagi hari meski sudah tidur dengan waktu yang cukup. Apa sebabnya?

·         Kebiasaan Buruk
Ada sejumlah kebiasaan buruk yang bisa merusak kualitas tidur di malam hari. Beberapa diantaranya adalah menonton televisi sampai ketiduran, terlalu banyak minum air, makan makanan terlalu manis dan berlemak sebelum tidur, dan tidur bersama hewan piaraan. Ketika menonton televisi, produksi melatonin akan terkena paparan sinar dari layar televisi, produksi melatonin akan melambat. Melatonin adalah hormon yang merangsang untuk tidur. Makan makanan yang berlemak dan terlalu manis akan menyebabkan rasa tidak nyaman di perut ketika di buat berbaring.


·         BEROLAHRAGA BERAT SEBELUM TIDUR
Berolahraga di waktu yang terlalu dekat dengan waktu tidur juga akan mengganggu kualitas tidur. Olahraga akan membuat temperatur tubuh naik. Tubuh dengan temparatur suhu yang naik bisa membuat gangguan pada tidur, Sangat di sarankan tidak melakukan olahraga berat dalam kurun waktu 3jam sebelum tidur. Selain itu,  jaga suhu kamar tidur tidak terlalu dingin atau terlalu panas. Badan yang terlalu lelah biasanya akan semakin sulit untuk tidur.

·         SALAH POSISI TIDUR
Posisi tidur yang salah akan membuat tubuh Anda tidak bisa berelaksasi dengan baik. Usahakan tidur dengan posisi miring dengan bantal yang tidak terlalu tinggi atau rendah. Untuk mendapatkan kualitas tidur yang baik dan tidak merasa lelah ketika bangun, ada sejumlah tips yang bisa di ikuti.
Pertama, olahraga setiap harinya selama kurang lebih 30 menit (bisa dilakukan di pagi hari atau siang hari)
Kedua, atur suhu ruangan tidur
Ketiga, lampu dimatikan pada saat tidur
Ke empat, jangan letakkan televisi di kamar tidur.
Ke lima, kenakan pakaian hangat, jika perlu gunakan kaos kaki agar suhu tubuh tetap terjaga dan bisa tidur dengan nyaman.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar